“Branding adalah bagaimana Anda mendefinisikan bisnis Anda kepada diri sendiri, tim Anda dan orang lain”
Branding adalah sesuatu yang sangat penting, baik baik pelaku usaha mikro, kecil maupun makro. Ketika Saya berbicara dengan beberapa pelaku usaha kebanyakan mereka mengerti akan brand, namun ternyata mereka kebanyakan belum mengerti luas dan maknanya brand. Sehingga tidak jarang didalam implementasi mereka seakan-akan hanya membuat asal jadi dan yang penting ada. Beberapa kegagalan produk di market ternyata salah satunya adalah kesalahan brand. Seperti dijelaskan sebelumnya pada artikel “ Brand adalah wajah perusahaan” (link) , brand adalah identifikasi suatu perusahaan. Brand adalah personality suatu bisnis. Salah mengidentifikasi diri, maka pastinya konsumen juga akan bingung.
Contoh kasus brand yang gagal adalah Aqua Splash of Fruit yang diluncurkan tahun 2004.
Peluncuran ini pada awalnya ingin memperkuat posisi Aqua sebagai produsen minuman dimana identifikasi awalnya sebenarnya adalah masuk kategori Beverages. Namun konsumen menginteprestasikan sebagai air minum mineral. Sehingga didalam metode penyimpanannya menjadi salah. Sebagai air minum mineral tidak harus masuk kedalam kulkas, namun sebagai beverages harus masuk kedalam lemari pendingan.
Nah bagaimana caranya membuat brand yang tepat sesuai dengan produk ?
- Definisikan brand Anda
- Saat membuat brand image perlakukan seperti seolah-olah brand adalah pribadi atau personal
- Tentukan factor utama yang mendorong bisnis Anda
- Bikin hubungan koneksi yang long-term relationship dengan konsumen
- Promosikan brand Anda secara konsisten dan berkesinambunga
- Jangan mencoba duplikasi atau mencontoh Brand lain
- Cobalah untuk inovatif dan berani untuk sesuatu yang Anda yakini
- Selalu promosi brand Anda kepada konsumen
Apabila Anda bingung tidak ada salahnya mencoba menggunakan jasa konsultan branding untuk membantu menciptakan brand image Anda
Butuh bantuan jasa konsultan branding ? hubungi kami Dewanstudio.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar